1)
Bentuk ruang bakar mesin diesel
Ruang bakar pada motor diesel lebih
rumit dibanding ruang bakar motor bensin. Bentuk ruang bakar pada motor diesel
sangat menentukan kemampuan mesin, sebab ruang bakar tersebut direncanakan
dengan tujuan agar campuran bahan udara dan bahan bakar menjadi homogen dan
mudah terbakar sekaligus.
Ruang
bakar motor diesel digolongkan menjadi 2 tipe, yaitu:
a)
Tipe ruang bakar langsung (direct
combustion chamber)
b)
Tipe ruang bakar tambahan (auxiliary
combustion chamber)
Tipe ruang
bakar tambahan terdapat dalm 3 macam, yaitu:
1). Ruang
bakar kamar muka (precombustion chamber)
2). Ruang
bakar pusar (swirl chamber)
3). Ruang
bakar air cell (Air cell combustion chamber)
Keuntungan
ruang bakar langsung adalah: (1) efisiensi panas lebih tingi, pemakaian bahan
bakar lebih hemat karena bentuk ruang bakar yang sederhana, (2) start dapat
mudah dilakukan pada waktu mesin dingin tanpa menggunakan alat bantu start busi
pijar (glow plug), dan (3) cocok untuk mesin-mesin besar karena
konstruksi kepala silinder sederhana.
Kerugian
ruang bakar langsung adalah: (1) memerlukan kualitas bahan bakar yang baik, (2)
memerlukan tekanan injeksi yang lebih tinggi, (3) sering terjadi gangguan
nozzle, umur nozzle lebih pendek karena menggunakan nozzle lubang banyak (multiple
hole nozzle), dan (4) dibandingkan dengan jenis ruang bakar tambahan,
turbulensi lebih lemah, jadi sukar untuk kecepatan tinggi.
b) Ruang
bakar tambahan.
1) Ruang bakar muka.
Dalam
ruang bakar ini bahan bakar solar disemprotkan ke dalam ruang bakar muka oleh
nozzle injeksi. Sebagian bahan bakr yang tidak terbakar di ruang bakar muka
didorong melalui saluran kecil antara ruang bakar muka dan ruang bakar utama.
Percampuran yang baik dan terbakar seluruhnya berada pada ruang bakar utama.
Keuntungan
ruang bakar muka adalah: (1) jenis bahan bakar yang digunakan lebih luas,
karena turbulensinya sangat baik untuk pengabutan, (2) perawatan pompa injeksi
lebih mudah karena tekanan injeksi lebih rendah dan tidak terlalu peka terhadap
perubahan saat injeksi, dan (3) detonasi berkurang serta mesin bekerja lebih
baik karena menggunakan nozzle lubang banyak.
Kerugian
ruang bakar muka adalah: (1) biaya pembuatan lebih mahal sebab perencanaan
kepala silinder lebih rumit, (2) memerlukan motor starter yang besar dan
kemampuan start lebih jelek sehingga harus menggunakan alat pemanas, dan (3)
pemakaian bahan bakar boros.
1)
Ruang
bakar pusar.
Ruang
bakar model pusar ini berbentuk bundar. Ketika torak memampatkan udara,
sebagian udara akan masuk ke dalam ruang bakar pusar dan membuat aliran
turbulensi. Bahan bakar diinjeksikan ke dalam udara turbulensi dan terbakar di
dalam ruang bakar pusar, tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar masuk
ke ruang bakar utama melalui saluran tersebut. Selanjutnya capuran tersebut
akan terbakar di tuang bakar utama.
Keuntungan ruang bakar pusar adalah:
(1) dapat menghasilkan putaran tinggi, karena turbulensi yang sangat baik pada
saat kompresi, (2) Gangguan pada nozzle berkurang karena menggunakan nozzle
tipe pin, dan (3) putaran mesin lebih tinggi dan operasinya lebih lembut, menyebabkan
jenis ini cocok untuk mobil.
Kerugian ruang bakar pusar adalah:
(1) konstruksi kepala silinder rumit, (2) efisiensi panas dan pemakaian bahan
bakar lebih boros dibandingkan dengan tipe ruang bakar langsung, (3) penggunaan
alat pemanas tidak begitu efektif, sebab ruang bakar sangat luas, dan (4)
detonasi lebih besar pada kecepatan rendah.
1) Ruang bakar Air Cell
Pada ruang
bakar air cell ini bahan bakar disemprotkan langsung ke dalam air cell dan
terbakar langsung di ruang bakar utama. Sebagian bahan bakar yang yang
disemprotkan ke air cell dan terbakar, mengakibatkan tekanan dalam air cell
bertambah. Bila torak bergerak ke TMB, udara dalam air cell keluar ke ruang
bakar utama membantu menyempurnakan pembakaran. Pada ruangbakar ini tidak memerlukan
pemanas.
Keuntungan ruang bakar air cell adalah:
(1) mesin bekerja lebih lembut karena pembakaran terjadi secara
berangsur-angsur, (2) tidak memerlukan pemanas, (3) gangguan nozzle berkurang
karena menggunakan nozzle tipe pin.
Kerugian ruang bakar air cell adalah:
(1) saat injeksi bahan bakar sangat mempengaruhi kemampuan mesin, (2) suhu gas
buang sangat tinggi karena pembakaran lanjut sangat panjang, dan (3) bahan
bakar boros.
1)
Penyaluran
bahan bakar pada mesin diesel
Berdasarkan uraian tentang prinsip
kerja mesin diesel yang membakar bahan bakar berdasarkan suhu kompresi secara
bertahap, maka penyaluran bahan bakar pada mesin diesel harus memenuhi syarat:
(a)
Mesin diesel harus mempunyai perbandingan kompresi yang tinggi agar mempunyai
suhu dan tekanan kompresi yang tinggi sehingga mampu membakar bahan bakar yang
diinjeksikan ke dalam ruang bakar. Bahan bakar mesin diesel mempunyai sifat
titik nyalanya tinggi sehingga harus dibuat menjadi partikel atau butiran yang
lebih kecil.
(b)
Agar bahan bakar yang diinjeksikan ke dalam silinder mesin diesel dapat mudah
terbakar maka diperlukan ruang bakar yang dapat memungkinkan bahan bakar dan
udara dapat bercampur secara homogen dalam bentuk partikel yang lebih
kecil-kecil dari sebelumnya.
(c)
Di samping mesin diesel harus memiliki ruang bakar yang memungkinkan atomisasi
bahan bakar, maka bahan bakar yang disalurkan ke dalam ruang bakar harus dengan
injeksi. Dengan injeksi maka bahan bakar akan berbentuk partikel-partikel atau
butiran-butiran yang kecil. Oleh karena itu dalam mesin diesel diperlukan
peralatan untuk injeksi yaitu pompa injeksi dan injector (pengabut). Pompa
injeksi berfungsi menekan bahan bakar dari tangki ke injector, sedangkan injector
berfungsi menyemprotkan bahan bakar tepat waktu ketika diperlukan pada akhir
langkah kompresi.
(d)
Berdasarkan 3 hal di atas maka pada mesin diesel diperlukan suatu sistem bahan
bakar yang dapat memenuhi syarat agar terjadi pembakaran yang baik. Sistem
bahan bakar yang baik harus terdiri dari komponen-komponen yang baik pula.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar